Submission Guidelines

PERSYARATAN PENULISAN  JURNAL SENI RUPA WARNA

JURNAL SENI RUPA WARNA menerima sumbangan buah pemikiran yang kritis dan kreatif, baik berupa pewacanaan masalah budaya secara umum dan seni rupa secara khusus maupun hasil-hasil penelitian.

Tulisan dapat dimuat dalam jurnal ini dengan panduan menulis sebagai berikut:

  • Artikel belum pernah diterbitkan di media lain. Kategori artikel meliputi tulisan tentang hasil penelitian, hasil penciptaan, konseptual maupun obituari kesenirupaan, saduran, ulasan peristiwa (pameran/seminar: seni, budaya, desain), dan hasil diskusi.
  • Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia menurut Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan atau Bahasa Inggris. Sistematika penulisan artikel terdiri dari judul, nama penulis, alamat email, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, serta daftar rujukan.
  • Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris) panjang masing-masing abstrak 100-150 kata dengan kata kunci 3-5 kata. Abstrak minimal berisi judul, masalah, tujuan, metode dan hasil/kesimpulan penelitian.
  • Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama lembaga asal, alamat email di bawah judul artikel. Bila ditulis oleh tim, penyunting pelaksana hanya berhubungan dengan penulis utama, setelah mendapat rekomendasi/koreksi dari penyunting ahli. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau surat elektronik (e-mail).
  • Khusus bagi artikel berupa penelitian: pendahuluan artikel berisi latar belakang, konteks penelitian, masalah maupun tujuan penelitian. Metode berisi paparan tentang metode penelitian yang digunakan baik metode penciptaan maupun kajian, rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data dan analisis data yang dilakukan peneliti. Hasil penelitian berisi paparan, simpulan berisi temuan penelitian atau intisari hasil pembahasan.
  • Daftar rujukan memuat sumber-sumber yang dirujuk dan sebaiknya berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir (termasuk skripsi, tesis, disertasi), kecuali untuk rujukan yang dianggap masih relevan dengan keilmuan bidang tersebut. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun, halaman). Contoh: (Yudoseputro, 2008: 47). Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

Buku:

Heuken, Adolf. 2014. Historical Atlas of Jakarta-Atlas Sejarah Jakarta. Jakarta: Cipta Loka Caraka.

  • Naskah dikirimkan dengan menggunakan format .docx , minimal 2000-2500 kata. Judul sepanjang 2-15 kata. Ilustrasi berupa tabel, bagan, peta, gambar atau foto disertakan di folder terpisah dalam bentuk JPEG atau BMP dengan kualitas gambar dan resolusi gambar yang tinggi. Artikel diserahkan dalam bentuk lampiran (attachment) surat elektronik (e-mail) ke alamat email : gesyada@senirupaikj.ac.id dengan judul surel “Submission – Jurnal Seni Rupa Warna”